Sabtu, 23 Juli 2011

Bakteri Penyebab Jerawat

        Selama ini banyak mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa penyebab jerawat adalah karena anak-anak remaja yang telah memiliki pacar. Banyak orang mengatakan bahwa semakin banyak jerawat di wajah seorang anak, berarti anak tersebut punya banyak pacar.  Benarkah demikian? apakah itu hanya sebuah mitos dan karangan orang  saja? apakah bisa dibuktikan secara ilmiah?
       Menurut penelitian, ternyata jerawat yang timbul diwajah anda merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan  oleh sebuah bakteri bernama Propionibacterium acnes. Pertumbuhan bakteri jerawat tergolong lambat. Sehingga sebuah jerawat dapat bertahan hingga 1 minggu berada di wajah anda. Klasifikasi Bakteri jerawat Propionibacterium acnes
Kingdom : Bacteria
Phylum : Actinobacteria
Order : Actinomycetales
Family : Propionibacteriaceae
Genus : Propionibacterium
Species : P. Acnes

       Bakteri jerawat ini  merupakan bakteri yang hidup tanpa menggunakan oksigen atau biasa  disebut bakteri anaerob. Organisme yang hidup tanpa memerlukan oksigen  biasa juga disebut memiliki tipical atau karateristik aerotolerant. Bakteri ini  juga merupakan bakteri jenis Gram-Positif. Bakteri Jerawat ini sebagian  besar ada pada kulit banyak orang dan berkarateristik commensal   (commensal merupakan sifat dari hubungan 2 organisme yang secara   signifikant tidak saling dirugikan: contoh hubungan antara burung dengan   pohon). Ia hidup di daerah asam lemak (fatty acid) di kantung kelenjar   minyak (sebaceous glands) pada kelenjar minyak (sebum) tersembunyi di   dalam pori pori kulit.

       Sifat bakteri ini juga tidak membutuhkan oksigen ini yang menyebabkan orang yang malas  mencuci wajah akan mudah terkena jerawat, sebab bakteri jerawat yang  telah masuk ke dalam pori-pori wajah dan bersembunyi akan mudah hidup  dan berkembang menginfeksi wajah.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar