Sabtu, 10 September 2011

Sejarah Sepak Bola

Asal muasal sejarah munculnya olahraga sepak bola masih mengundang perdebatan. Beberapa dokumen menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan sepak bola berasal dari tiongkok. FIFA sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Olah raga ini saat itu dikenal dengan sebutan “tsu chu “.

Dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat Cina telah memainkan bola yang disebut tsu chu. Tsu sendiri artinya “menerjang bola dengan kaki”. sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”. Permainan bola saat itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang, dengan aturan menendang dan menggiring dan memasukkanya ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang.

Versi sejarah kuno tentang sepak bola yang lain datangnya dari negeri Jepang, sejak abad ke-8, masyarakat disana telah mengenal permainan bola. Masyarakat disana menyebutnya dengan: Kemari. Sedangkan bola yang dipergunakan adalah kulit kijang namun ditengahnya sudah lubang dan berisi udara.

Menurut Bill Muray, salah seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.

Sisi sejarah yang lain adalah di Yunani Purba juga mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.

Sejarah sepak bola modern dan telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, asal muasalnya dari Inggris, yang dimainkan pada pertengahan abad ke-19 pada sekolah-sekolah. Tahun 1857 beridiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu: Sheffield Football Club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola.

Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton.

Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern se dunia, yaitu: International Football Association Board (IFAB). IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.

Sejarah sepak bola semakin teruji hingga saat ini IFAB merupakan badan yang mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola, baik tentang teknik permainan, syarat dan tugas wasit, bahkan sampai transfer perpindahan pemain.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis








Dalam membuat lapangan bulu tangkis alias badminton yang baik harus sesuai dengan standar internasional yang luasnya berbeda antara pertandingan partai ganda dengan partai tunggal.

A. Partai Tunggal / Satu Pemain / 1 on 1
- Panjang = 11,88 meter
- Lebar = 5,18 meter
- Luas = 61,5384 meter persegi
- Tinggi Tiang Net = 1,55 meter
- Tinggi Atas Net = 1,52 meter
- Jarak Net Ke Garis Service = 1,98 meter
- Jarak Garis Service ke Sisi Lapangan Luar = 3,96 meter

B. Partai Ganda / Dua Pemain / 2 on 2
- Panjang = 13,40 meter
- Lebar = 6,10 meter
- Luas = 81,74 meter persegi
- Tinggi Tiang Net = 1,55 meter
- Tinggi Atas Net = 1,52 meter
- Jarak Net Ke Garis Service = 1,98 meter
- Jarak Garis Service ke Sisi Lapangan Luar = 4,72 meter

Membuat Kaleder Dengan php

Kali ini kita akan mencoba membuat kalender hijriah berformat PNG dengan fungsi-fungsi yang telah ada di PHP. Untuk itu kita butuh beberapa persiapan dan perlengkapan yang akan diperlukan nanti.

PERLENGKAPAN:
1. Satu set computer lengkap dengan webserver-nya. Anda bisa gunakan XAMPP.
2. Satu file font untuk fontasinya, saya menggunakan Antropos Freefont (antrf.ttf).
3. Gambar/image dengan desain kalender dengan format PNG.

PERSIAPAN:
1. Beberapa cemilan penunda lapar.
2. Sebungkus rokok diganti saja dengan secangkir gahwa (hot coffe).
3. Pastikan bahwa Anda sudah mengenal dasar-dasar PHP.
Langsung aja gan…
Contoh background kalendernya:
Pertama-tama jalankan webservernya. Bagi yang belum ngerti jalanin webserver, silahkan cari tutorialnya di google. icon smile Membuat Kalender Hijriah Dengan PHP
Kemudian buat file index.php terlebih dahulu dan masukkan script dibawah ini…
<?php
// ===================================================
//
// THIS SOURCE CODE IS FREE FOR USE
// IN THE NAME OF ALLAH SUBHANAHU WA TA'ALA
//
// Author: Sepyan Purnama k(shinjikoo@gmail.com)

// ===================================================
// Konversi masehi ke hijriyah
$tanggal = getdate();
$wday = $tanggal[wday];
$hr = $tanggal[mday];
$bln = $tanggal[mon];
$thn = $tanggal[year];
 if (($thn > 1582) || (($thn == 1582) && ($bln > 10)) || (($thn == 1582) && ($bln == 10) && ($hr > 14))) {
 $zjd=(int)((1461 * ($thn + 4800 + (int)(($bln - 14) / 12))) / 4) + (int)((367 * ($bln - 2 - 12 * ((int)(($bln - 14) / 12)))) / 12) - (int)((3 *
(int)((($thn + 4900 + (int)(($bln - 14) / 12)) / 100))) / 4) + $hr - 32075;
 } else {
 $zjd = 367 * $thn - (int)((7 * ($thn + 5001 + (int)(($bln - 9) / 7))) / 4) + (int)((275 * $bln) / 9) + $hr + 1729777;
 }
$zl=$zjd-1948440+10632;
$zn=(int)(($zl-1)/10631);
$zl=$zl-10631*$zn+354;
$zj=((int)((10985-$zl)/5316))*((int)((50*$zl)/17719))+((int)($zl/5670))*((int)((43*$zl)/15238));
$zl=$zl-((int)((30-$zj)/15))*((int)((17719*$zj)/50))-((int)($zj/16))*((int)((15238*$zj)/43))+29;
$bln=(int)((24*$zl)/709);
$hari=$zl-(int)((709*$bln)/24);
$tahun=30*$zn+$zj-30;
if($bln==1){ $bulan = "Muharram";}
if($bln==2){ $bulan = "Safar";}
if($bln==3){ $bulan = "Rabiul Awal";}
if($bln==4){ $bulan = "Rabiul Akhir";}
if($bln==5){ $bulan = "Jamadil Awal";}
if($bln==6){ $bulan = "Jamadil Akhir";}
if($bln==7){ $bulan = "Rejab";}
if($bln==8){ $bulan = "Syaaban";}
if($bln==9){ $bulan = "Ramadhan";}
if($bln==10){ $bulan = "Syawal";}
if($bln==11){ $bulan = "Zulkaedah";}
if($bln==12){ $bulan = "Zulhijjah";}
if($wday==0) { $namahari = "A H A D"; }
if($wday==1) { $namahari = "I T S N A I N"; }
if($wday==2) { $namahari = "T S A L A T S A"; }
if($wday==3) { $namahari = "A R B I ' A N"; }
if($wday==4) { $namahari = "K H A M I S"; }
if($wday==5) { $namahari = "J U M U ' A H"; }
if($wday==6) { $namahari = "S A B T"; }
// Pembuatan output gambar berformat PNG
header("Content-Type: image/PNG");
$img = imagecreatefromPNG("bghijri.png");
$fontfile = "./antrf.TTF";
$putih = imagecolorallocate($img, 255, 255, 255);
imageTTFText($img, 10, 0, 5, 45, $putih, $fontfile, $namahari);
$hitam = imagecolorallocate($img, 0, 0, 0);
$batas = imageTTFbbox(40, 0, $fontfile, $hari);
$x = imageSX($img)/2 - ($batas[0] + $batas[2] + $batas[4] + $batas[6]) / 4;
imageTTFText($img, 40, 0, $x, 100, $hitam, $fontfile, $hari);
$batas = imageTTFbbox(10, 0, $fontfile, $bulan);
$x = imageSX($img)/2 - ($batas[0] + $batas[2] + $batas[4] + $batas[6]) / 4;
imageTTFText($img, 10, 0, $x, 118, $hitam, $fontfile, $bulan);
$tahun = $tahun . " H";
$batas = imageTTFbbox(10, 0, $fontfile, $tahun);
$x = imageSX($img)/2 - ($batas[0] + $batas[2] + $batas[4] + $batas[6]) / 4;
imageTTFText($img, 10, 0, $x, 133, $hitam, $fontfile, $tahun);
imagePNG($img);
imagedestroy($img);
?>
Code diatas akan menghasilkan gambar berformat PNG. Jika Anda ingin merubah formatnya, Anda bisa mengganti sebagian code diatas. Seperti contoh “Content-Type: image/PNG” diganti ke format GIF menjadi “Content-Type: image/GIF”, atau ke format JPG menjadi “Content-Type: image/JPEG”.
Dan pastikan file gambar untuk background dan fontasinya udah Anda siapkan dalam satu folder dengan file index.
Jalankan, kemudian lihat hasilnya…

Sumber:3tnic.wordpress.com

WAP (Wireless Application Protocol)

1. Pengertian WAP
 
WAP (Wireless Aplication Protocol) adalah suatu protocol aplikasi yang memungkinkan Internet dapat diakses oleh ponsel dan perangkat wireless lainya. WAP membawa informasi online melewati Internet langsung menuju ponsel atau clint WAP lainnya. Dengan adanya WAP, berbagai informasi dapat diakses setiap saat hanya dengan menggunakan ponsel.
Ada tiga bagian utama dalam akses WAP, yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP Gateway sebagai perantara dan server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang berada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML yang seharusnya ditampilkan melalui web browser, sebelum dibaca melalui browser WAP diterjemhkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP.
Saat ponsel ingin meminta sebuah informasi yang ada di server, ponsel harus melewati WAP gateway dulu. Begitu juga sebaliknya. Proses pengiriman informasi dari ponsel ke WAP Gateway dan sebaliknya menggunkan jaringan komunikasi nirkabel (wireless) yang masih memiliki keterbatasan, terutama pada kecilnya bandwidth yang ada. Kecilnya bandwidth tersebut tidak cocok jika dipergunakan untuk memproses informasi lewat protokol HTTP. Protokol HTTP berfungsi untuk mengatur pengiriman informasi dari client menuju server dan sebaliknya. Untuk mengatasi kesenjangan ini diciptakanlah WAP Gateway. Fungsi WAP Gateway adalah untuk meneruskan permintaan informasi dari ponsel menuju server lewat HTTP request dan sebaliknya dari server menuju ponsel lewat HTTP response.
2. Keuntungan dan Kelemahan WAP
Keuntungan standar WAP :
  1. Tidak adanya kepemilikan metode dalam mengakses Internet dengan standar WAP baik pada isi maupun layanan.
  2. Network yang independent karena WAP bekerja pada seluruh jaringan seluler yang ada, seperti CDPD, CDMA, GSM, PDC, PHS, TDMA, FLEX, ReFLEX, Iden, TETRA, DECT, Data TAC, Mebitex, dan jaringan selular masa depan yang saat ini sedang dikembangkan seperti GPRS dan 3G.
  3. Metode WAP telah diadopsi oleh hamper 95% produsen telepon seluler di dunia dalam memanfaatkan wireless internet access dan sedang diimplementasikan pada semua frekuensi.
  4. WAP suatu standar protocol dan aplikasinya, yakni WAP browser yang dapat digunakan pada seluruh sistem operasi terkenal termasuk Palm OS, EPOC, Windows SE, FLEXOS, OS/9, Java OS, dan sebagainya.
  5. Dengan menggunakan teknologi GPRS, perhitungan akses dihitung berdasarkan jumlah bit yang terkoneksi yang harganya Rp. 20 per kilo byte.
Kelemahan WAP :
  1.  Konfigurasi telepon selular untuk service WAP masih termasuk sulit
  2. Jumlah telepon selular yang mendukung WAP masih terhitung sedikit.
  3. Protokol lain seperti SIM Application Toolkit dan MexE (Mobile Station Application Execution Envirovment) secara luas didukung dan didesain untuk bersaing dengan WAP.
3. Perbedaan WAP dan WEB
Ditinjau secara teknis tentu saja ada berbagai perbedaan antara Internet (Word Wide Web, disingkat WEB) dengan mobile Internet (WAP). Perbedaan-perbedaan tersebut terjadi akibat sifat dasar dari keduanya yang memang berbeda, khususnya dalam hal konektivitas dan mobilitas pengguna.
WAP lebih ditujukan untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi atau mereka yang banyak berpindah tempat, sementara WEB untuk mereka yang sedang diam. Oleh sebab itu WAP memakai gelombang radio sebagai media pertukaraan datanya, sementara WEB menggunakan kabel.
Konektivitas modem ke jaringan telepon dalam WEB bersifat permanent / tetap karena menggunakan kabel, sedangkan konektivitas antara satu perangkat terminal data (yakni, telepon genggam) dengan perangkat WAP Gateway dalam WAP tidak bersifat permanent karena menggunakan gelombang radio. Tidaklah mengherankan bila konektivitas dalam WAP menjadi masalah yang cuikup rumit untuk dipecahkan.
WEB
  1. Mengunakan jaringan kabel tetap.
  2. Komputer sebagai terminal data di sisi pengguna biasa digunakan dalam keadaan diam.
  3. Kapasitas memori komputer sangat besar.
  4. Ukuran layar display komputer sangat besar.
  5. Pemrograman dalam bahasa HTML (Hypertext Mark-up Language)
WAP
  1. Menggunakan jaringan tanpa kabel (radio).
  2. Telepon genggam sebagai terminal data di sisi pengguna biasa digunakan dalam keadaan bergerak.
  3. Kapasitas memori telepon genggam sangatlah kecil.
  4. Ukuran layar display telepon sangatlah kecil.
  5. Pemrograman dalam bahasa WML (Wireless Mark-up Language).
Uantungnya para pakar telah menemukan dua metode untuk mengatasi masalah konektivitas tersebut. Metode pertama, yang lebih sederhana dan lebih dulu muncul, dinamakan dengan CSD (Circuit Switch Data). Sedangkan metode kedua yang lebih mutakhir dikenal sebagai GPRS (General Packet Radio Service). Dengan metode CSD, transfer data dilakukan mirip seperti halnya transfer suara, tanpa ada perubahan data asli. Metode CSD ini, yang semula hanya mendukung kecepatan transfer 9.6 kbps, kini telah dikembangkan menjadi HSCSD (High Speed Circuit Switch Data) yang mempunyai kecepatan transfer 28.8 kbps, bahkan hingga 38.4 kbps.
Berbeda halnya dengan metode GPRS tidak dalam bentuk data asli tetapidalam bentuk potongan-potongan kecil data yang disebut packet. Kecepatan transfer data dengan GPRS bias mencapai 57.6 kbps bahkan sampai 115 kbps.

Pythagoras


Pythagoras (582 SM – 496 SM, bahasa Yunani: Πυθαγόρας) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya.


Dikenal sebagai "Bapak Bilangan", dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya.

Salah satu peninggalan Pythagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya). Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras karena ia yang pertama kali membuktikan pengamatan ini secara matematis.

Trigonometri Sudut Istemewa

Yang dimaksud sudut istimewa adalah 00, 300, 450, 600, dan 900. Untuk mencari nilai trigonometri sudut istimewa kita memakai grafik lingkaran.
  • Sudut 00 dan 900

    Perhatikann gambar di bawah!




    Pada gambar diatas sisi depan = y , sisi miring = r (jari-jari lingkaran) , dan sisi samping = x. Karena jari jari lingkaran = 1 maka,

    Titik P (0,1)

    sin 00 = y = 0
    cos 00 = x = 1
    tan 00 = y/x = 0

    Titik Q (0,1)
    sin 900 = y = 1
    cos 900 = x = 0
    tan 900 = y/x = ~ ( tidak didefinisikan)
  • Sudut 300 dan 600

    Perhatikann gambar di bawah!




    Untuk sudut 30 dan 60 derajat kita pakai grafik lingkaran yang berjari-jari 2. Segitiga diatas adalah segitiga sama sisi yang panjang sisinya = r, sehingga:

    r = 2
    y = 1/2 . r = 1

    Berdasarkan Teorema Pythagoras didapat


    Jadi,









  • Sudut 450



    Pada segitiga diatas panjang x = y, berdasarkan Teorema Pythagoras didapat




    Jadi,