Sabtu, 30 Juli 2011

Knalpot Ramah Lingkungan

Kita semua tentunya kesal dengan asap pekat knalpot yang keluar dari kendaraan bermotor setiap hari. Selain membuat polusi udara dan lingkungan, tentunya gas buang yang dikeluarkan knalpot mengandung gas karbon yang berbahaya bagi kesehatan. Salah satu pemanfaatan di bidang teknologi yaitu dengan  menciptakan sebuah terobosan baru di bidang pembaharuan lingkungan yakni Katalistik Konverter Sederhana, Knalpot Ramah Lingkungan.  
 
Cara pertama tidak berbeda dengan desain knalpot pada umumnya, hanya saja pada knalpot standar tersebut dipasangkan batu–batu zeolit sebagai penyaring asap dan gas karbon. Batu zeolit mudah didapat di toko–toko aquarium yang berfungsi untuk mengurangi emisi dan karbon berbahaya. Batu zeolit ini mampu  menarik dan menyaring gas karbon, ditaruh sebagai penyaring dan dipasangkan di dalam kipas yang sengaja dipasang pada knalpot. Mungkin dapat dibantu di bengkel untuk pemasangannya karena harus di las.Batu zeolit adalah batuan asam yang berbutir halus, berpori, serta berstruktur tiga dimensi. Hasilnya, mampu mengurangi karbon hingga 50 %  lebih dengan diukur menggunakan media kertas sebelum dan sesudah pakai zeolit nampak perbedaannya. Setelah disaring pakai zeolit kehitamannya jauh berkurang.

Cara kedua membuat knalpot modifikasi yang ramah lingkungan yaitu dengan menurunkan kadar emisi karbondioksida (CO2)  sampai 96 % , sedangkan Hidrokarbonnya (CH) 94 % . Keistimewaan pembuatan knalpot itu berhasil menaikkan power dan  menghemat bahan bakar . Ini berbeda dengan sekelumit orang yang memodifikasi knalpot standarnya untuk tracker. Yang harus dipersiapkan adalah  memasang Catalytic Converter pengubah 2CO(g) + 2HNO (g) 2CO2 (g) + N2 (g) . Catalytic Converter dinilai lebih murah dan dapat di temukan di berbagai alat perlengkapan motor, misalnya  serat tembaga, serat kuningan, kuningan lapis chrome, tembaga lapis chrome dan  tembaga berlapis mangan. Kesemua logam tersebut merupakan logam alternatif  yang bisa membentuk catalytic converter. kalau kita ingin mengatasi polusi udara dengan cara yang mudah dan murah .
 
 
Tidak hanya catalytic converter saja. Untuk membuatnya kita harus membongkar knalpot standar untuk mengetahui isi dan komponennya . Kemudian knalpot itu dimutilasi menjadi empat atau beberapa bagian agar bisa dibongkar-pasang kalau rusak dan tak perlu mengganti knalpot kalau rusak disalah satu bagian . Lantas ditiap bagian knalpot tadi diberi catalytic converter . Tentu saja setelah pakai catalytiuc converter harus pakai pertamax . Karena timbel dapat merusak komponen tersebut . Kalau males beli Pertamax bisa juga pakai premium yang iso-oktananya dinaikkan dengan zat aditif methyl tertiery buthyl ester(MTBE).

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar