Jumat, 27 Januari 2012

Glikogen


Glikogen merupakan molekul polisakarida yang tersimpan di dalam sel-sel hewan bersama dengan air dan digunakan sebagai sumber energi. Ketika pecah di dalam tubuh, glikogen diubah menjadi glukosa, sumber energi yang penting bagi hewan. Banyak penelitian telah dilakukan pada glikogen dan perannya dalam tubuh ,sejak itu glikogen diakui sebagai bagian penting dari sistem penyimpanan energi tubuh.

Jenis organisme seperti hewan memperoleh molekul ini dari karbohidrat, memproduksi dalam hati, otot, dan saluran pencernaan selama proses pencernaan. Glikogen kemuidian disimpan di dalam jaringan otot dan di hati,. Pada manusia, tubuh kita dapat menyimpan sekitar 2.000 kilokalori glikogen pada waktu tertentu. Ketika pada saat kita makan dan kondisi yang segar, dengan tubuh yang bekerja untuk menjaga kadar stabil sehingga ada pasokan energi.


Penyimpanan molekul ini dianggap kurang efisien daripada untuk asam lemak, yang mungkin menyebabkan beberapa pertanyaan mengapa tubuh kita tidak menyimpan energi dalam bentuk asam lemak. Ada beberapa alasan untuk hewan untuk terlibat dalam penyimpanan glikogen meskipun efisiensi dipertanyakan. Yang pertama adalah bahwa otak perlu glukosa, sehingga membutuhkan energi cadangan yang akan memasok kebutuhannya. Yang kedua adalah bahwa molekul ini digunakan untuk mengatur kadar glukosa dalam darah waktu makan.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar