Rabu, 06 Juli 2011

Tips Cara Menghabiskan Waktu Menunggu Yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Menunggu, menanti, mengantri, menunda, dan lain sebagainya yang tidak banyak melakukan hal-hal yang berarti sebenarnya masih bisa kita manfaatkan untuk berbagai hal yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain yang ada di sekitar kita maupun yang jauh jarak dari kita. Daripada tersiksa sendiri batin kita karena tidak melakukan apa-apa dalam waktu lama, lebih baik kita gunakan waktu yang berharga untuk kebaikan bersama. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan saat menunggu sesuatu yang menghabiskan waktu kita :

1. Zikir
  Dengan membaca zikir di dalam hari kita akan semakin ingat kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala. Kurang berzikir akan membuat kita menjadi orang yang fasik (lupa kepada Tuhan) yang bisa berujung kepada banyak hal-hal yang buruk.

2. Membaca Buku, Majalah, Koran, Dsb
  Kita bisa beli sesuatu yang bisa dibaca di sekitar kita atau mempersiapkan sebelum melakukan aktivitas tunggu-menunggu / penghabisan waktu. Bacalah hal-hal yang bermanfaat untuk menambah wawasan kita atau bisa juga membaca bacaan yang menghibur untuk menghilangkan rasa bosan dan stres selama menunggu.

3. Ngobrol dengan Orang Lain
   Lihatlah di sekitar kita apakah ada orang yang terlihat seperti orang baik-baik, kemudian dekati dan awali pembicaraan dengan yang ringan-ringan yang ada hubungannya dengan kegiatan menunggu anda. Jika dia memberi respon yang baik maka topik pembicaraan bisa dikembangkan ke tema yang lain. Namun jika dia terlihat tidak berkenan sebaiknya jangan dilanjutkan lebih jauh. Bisa juga kita berbicara dengan pegawai/karyawan di sekitar tempat menunggu untuk mendapatkan banyak informasi yang berharga yang tidak kita ketahui sebelumnya.

4. Bermain Game yang Mengasah Otak
    Di zaman canggih seperti sekarang ini ada banyak game yang bisa kita masukkan ke dalam handphone (telepon genggam) atau komputer jinjing (laptop, netbook, tablet pc, dll). Tidak ada salahnya kita bermain permainan yang bisa membuat masa penantian kita tidak terasa. Asalkan tidak mengundang banyak perhatian orang lain hal ini bisa kita lakukan.

5. Silaturahmi Jarah Jauh
   Jika biasanya kita tidak punya waktu untuk berbicara dengan saudara jauh, kerabat jauh, teman lama, mantan guru/dosen, dan lain sebagainya, maka saat menunggu yang butuh waktu lama adalah waktu yang tepat untuk menjalin kembali hubungan komunikasi yang selama ini terputus. Jangan lupa untuk mencaritahu nomor telepon aktif orang-orang tersebut agar bisa dihubungi.

6. Berpetualang / Cuci Mata Hilangkan Penat
  Jalan-jalan melihat-lihat hal-hal yang belum kita lihat sebelumnya di sekitar tempat kita melakukan penantian cukup efektif untuk membunuh waktu kita. Melihat barang-barang yang dijual di toko, melihat isi ruangan-ruangan lain, melihat orang-orang yang sedang melakukan aktivitasnya dan lain sebagainya bisa kita lakukan selama diperbolehkan dan tidak melanggar aturan.

7. Tidur
    Jika butuh waktu yang lama untuk menunggu sesuatu, maka kita bisa tidur di tempat-tempat yang tidak mengganggu orang lain seperti di bangku ruang tunggu, di selasar musholla, di ruang tamu, dan lain sebagainya. Amankan barang-barang bawaan kita sebelum tidur agar tidak hilang dicuri orang saat kita terlelap tidur.
Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua, terima kasih atas kunjungan anda.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar