Selasa, 04 Oktober 2011

Plenet Mirip Bumi

Peneliti Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka telah menemukan sebuah planet baru yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Planet tersebut berada di luar tata surya, 20 tahun cahaya dari bumi. Para peneliti mengatakan bahwa sebuah planet baru ditemukan mengorbit pada Gliese 581, yang memancarkan cahaya dan panas. Planet ini berada pada jarak yang tepat dari bintang untuk mempertahankan air dalam bentuk cair.

Mereka mengatakan bahwa gravitasi planet ini juga mirip dengan bumi, kemungkinan besar juga memiliki atmosfir yang sama. Selain itu, planet tersebut diperkirakan membuat kehidupan dapat bertahan dalam lingkungan seperti itu walaupun bukan di Bumi.

Dua planet lain yang sebelumnya terdeteksi di orbit Gliese 581 juga diprekirakan mengandung kehidupan, tetapi para astronom mengatakan bahwa planet yang paling baru ini memiliki kondisi yang lebih baik dari planet-planet sebelumnya.

Kelompok peneliti yang dipimpin oleh astronom di Universitas California dan Carnegie Institution of Washington mengumumkan hal yang paling fenomenal sepanjang sejarah setelah menghabiskan 11 tahun penelitian dengan menggunakan teleskop Keck di Hawaii. Teleskop ini adalah salah satu teleskop yang terbesar di dunia, untuk mengamati bintang tetap yang disebut Gliese 581 di konstelasi Libra.

Keberadaan air dan atmosfer di planet ini belum dikonfirmasi. Saat ini, NASA akan melakukan lebih banyak penelitian yang diperlukan untuk mendukung teori astronom tersebut

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar